ENGLISH BISNIS 2
SOFTSKILL TUGAS PERTAMA
MEMO
Apa memo?
Sebuah memo atau memorandum adalah:
·
hard-copy (dikirim pada kertas) dokumen
·
digunakan untuk berkomunikasi dalam sebuah
organisasi
·
biasanya pendek
·
mengandung Untuk, Dari, Tanggal, Pos Subyek
dan bagian Pesan
·
Tidak perlu ditandatangani, tapi kadang-kadang
memiliki nama pengirim di bagian bawah untuk menjadi lebih ramah, atau nama
lengkap pengirim untuk menjadi lebih formal. Jika ragu, ikuti gaya perusahaan
Anda.
Mengapa menulis memo?
Memo berguna dalam situasi di mana e-mail atau pesan
teks yang tidak cocok. Misalnya, jika Anda mengirim suatu objek, seperti
buku atau kertas yang perlu ditandatangani, melalui surat internal kantor, Anda
dapat menggunakan memo sebagai catatan penutup untuk menjelaskan apa yang
penerima harus melakukan.
Bagaimana menulis
memo
Memo harus memiliki bagian dan isi sebagai berikut:
1.
Bagian A 'To' yang berisi nama
penerima. Untuk memo resmi, diberi nama penerima; misalnya 'To: Andy'
cukup. Untuk lebih memo formal, gunakan nama lengkap penerima. Jika penerima
adalah di departemen lain, gunakan ful l nama dan nama departemen. Hal ini
biasanya tidak diperlukan untuk menggunakan Bapak, Ibu, Miss atau Ms u nless
memo sangat formal.
2.
A 'Dari' bagian yang berisi nama pengirim.
Untuk memo resmi, pengirim nama lain; misalnya 'Dari: Bill' cukup. Untuk lebih
memo formal, gunakan nama lengkap pengirim. Jika penerima adalah di departemen
lain, gunakan nama lengkap dan nama departemen. Hal ini biasanya tidak
diperlukan untuk menggunakan Bapak, Ibu, Miss atau Ms kecuali memo sangat
formal.
3.
A 'Tanggal' bagian. Untuk menghindari
kebingungan antara sistem tanggal Inggris dan Amerika, menulis bulan sebagai
kata atau singkatan; misalnya 'Januari' atau 'Jan'.
4.
Sebuah Subject .
5.
Pesan.
Kecuali memo adalah catatan singkat,
pesan memo yang terorganisir dengan baik harus berisi bagian berikut:
a.
Situasi - sebuah Pengantar atau tujuan
memo
b.
Masalah (opsional) - misalnya:
"Sejak pindah ke kantor baru di Kowloon Bay, staf memiliki kesulitan dalam
mencari tempat terdekat untuk membeli makan siang."
c.
Solusi (opsional) - misalnya: ".
Menyediakan oven microwave di dapur akan memungkinkan staf untuk membawa kotak
makan siang mereka sendiri dan panaskan makanan mereka"
d.
Aksi - ini mungkin sama dengan solusi,
atau menjadi bagian dari solusi yang penerima harus melaksanakan; misalnya
"kami akan sangat menghargai jika Anda bisa mengotorisasi hingga $
3.000"
e.
Kesopanan - untuk menghindari penerima
menolak untuk mengambil tindakan yang Anda inginkan, penting untuk mengakhiri
dengan ekspresi sopan; misalnya "Sekali lagi, terima kasih atas dukungan
Anda.", atau lebih informal "Terima kasih".
6.
Tanda Tangan
ini adalah opsional.
Nama : Dewi Alfiah
NPM : 27211796
Kelas : 3EB12 (Pengulangan)
Tugas : Softskill Bahasa Inggris Bisnis 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar